Almudassir Media Centre

Kakankemenag Kota Padang Drs, H. Marjanis, M.Pd "Pentingnya Integrasi Data"


Padang, AMC.co - Kakankemenag Kota Padang Drs, H. Marjanis, M.Pd sebagai pemateri lokakarya MAN 2 Kota Padang tahun 2019 dengan tema "Membangun motivasi dalam meningkatkan kinerja dan profesionalitas pendidik dan tenaga kependidikan demi  terwujudnya pendidikan yang berkarakter" di Basko Hotel Minggu 7 April 2019.

Marjanis menyampaikan dalam materinya, pentingnya data dalam pekerjaan. Data adalah kumpulan informasi yang diperoleh dari suatu pengamatan suatu objek, dapat berupa angka,  lambang   atau sifat yang dapat memberikan gambaran tentang suatu keadaan atau persoalan. 

Lebih lanjut Marjanis menjelaskan, syarat data yang baik Objektif (sesuai dengan keadaan yang sebenarnya) Representatif (mewakili persoalan yang ada) Mempunyai Tingkat Kesalahan Kecil. Up To Date (diperbaharui) Relevan (ada hubungannya dengan persolan yang akan dipecahkan)

Integrasi data merupakan proses menggabungkan atau menyatukan dua atau lebih sebuah data dari berbagai sumber database yang berbeda ke dalam sebuah penyimpanan seperti gudang data (data warehouse).

Selanjutnya Marjanis meuraikan, masyarakat saat ini membutuhkan ketepatan dan kecepatan akses data. Integrasi data berimplikasi pada peningkatan  layanan. Sebagai pijakan dalam pembuatan kebijakan

Data merupakan Wadah integrasi dari sistem manajemen elektronik yang sudah ada, seperti SIMPEG, SISKOHAT, SIMKAH, EMIS dan 130 sistem aplikasi yang selama ini telah digunakan di Unit esselon I Kementerian Agama. Data tidak akan mengubah aplikasi-aplikasi yang sudah ada melainkan akan dilakukan penggabungan.

Marjanis juga menekankan kebijakan utama Kementerian Agama Kota Padang. 
1. Hafiz qur'an (Padang menghapal)
2. Magrib mengaji dan ketahanan keluarga.
3. Konsultasi di 11 masjid,
4. Konsultasi agama dan haji di MPP,
5. Study club mendukung KSM,
6. Kelompok prestasi mendukung aksioma,
7. Nem tertinggi dan rata-rata tertinggi,
8. Guru berprestasi per bidang study,
9. Kepala sekolah yang paling banyak                inovasi mutu,
10. Padang bebas maksiat.

Mari perbaiki data setiap pekerjaan, jangan lengah dan lalai dalam hal ini. Data harus valid dan terintegrasi, tegas Marjanis. (09)


Posting Komentar

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget