Almudassir Media Centre

Kakankemenag Kota Padang Drs, H. Marjanis, M.Pd Lakukan 11 Thaharah Masjid di Kota Padang


Padang, AMC.co - Program Kementerian Agama Sumatera Barat menyambut bulan suci Ramadhan Thaharah Masjid dan Mushalla serentak dilakukan seluruh jajaran Kementerian Agama. Kemenag Kota Padang ikut menyemarakkan serta mensukseskan program tersebut. dilaksanakan serentak 11 Kecamatan di Kota Padang, Sabtu 27 April 2019.

Kakankemenag Kota Padang Drs, H. Marjanis, M.Pd menghimbau kepada seluruh jajaran ASN Kemenag Kota Padang untuk turun melaksanakan program tersebut. H. Marjanis sendiri turun yang didampingi Kasubag TU Tan Gusli bergabung dengan Kanwil Kemenag Sumbar Kabag TU H. Irwan, dan juga diikuti oleh Ketua Dharma wanita Kanwil Kemenag Sumbar Bahirni Hendri, serta KUA Kuranji, Kepmad, Penyuluh, Camat, Lurah, ASN Kanwil dan Kemenag Kota Padang di Mesjid Almuhsinin Kasik Lolo Kel. Gunung Sarik Kec. Kuranji Kota Padang.


H. Marjanis menjelaskan, program Thaharah Masjid ini merupakan anjuran agama. Sebagimana dalam islam perpedoman pada kitab fiqih, salah satunya thaharah. Bersih-bersih tempat ibadah, lingkungan, rumah dan yang lain. Jadi ketika kita melaksanakan ibadah puasa dan shalat 5 waktu serta tarawih semuanya sudah bersih. Sesuai program Kanwil Kemenag Sumbar, thaharah masjid, tingkatkan kebersihan, semarakkan, ramaikan shalat 5 waktu dan tarawih di setiap masjid dan mushalla, serta tingkatkan silaturrahmi antar sesama.


Lanjut H. Marjanis, setelah disurvei kelapangan, ada 11 masjid dan mushalla di Kota Padang yang masuk dalam program ini. Salah satunya terpilih Masjid Almuhsinin Kasik Lolo Gunung Sarik. 11 Masjid dan Mushalla yang terpilih tahun ini, pelaksanaannya dibagi 11 tim untuk melaksanakan Thaharah ini. Ketika dihubungi 11 pengurus masjid dan mushalla bahwa Kemenag Kota Padang lakukan program Thaharah, sangat disambut dengan antusias. jelas Kakankemenag Kota Padang ini.

H. Marjanis berharap, thaharah masjid ini akan menambah hubungan silaturrahmi Kementerian Agama dengan masyarakat. agar masyarakat dapat melaksanakan ibadah suci Ramadhan dengan baik, kebersihan terjaga. mari kita sama-sama menjalankan rukun islam yang ketiga ini dengan hati yang ikhlas, bersih, dan tenang. karena kebersihan itu sangat dianjurkan dalam agama islam. bersih merupakan sebahagian dari iman. Bersih tempat ibadah, lingkungan, yang lebih penting bersih hati dan jiwa kita. Semuanya harus dibersihkan sebelum kita melaksanakan ibadah puasa, agar ibadah puasa yang kita kerjakan nanti dapat dikerjakan dengan baik, dan meraih nilai taqwa.


Pengurus Masjid Almuhsinin Kasik Lolo Gunung Sarik Syamsuir Harahap beserta masyarakat sangat bangga dan senang sekali atas kedatangan rombongan dari kemenag. Apalagi dengan program thaharah masjid, bersih-bersih semua lingkungan masjid. "Ndak bisa jo talapak tangan jo niru kami tampuang" (tidak bisa dengan telapak tangan dengan niru kami tampung/terima) ungkap nya dengan penuh bangga. Kami atas nama pengurus dan masyarakat sangat berharap, program ini dapat berlanjut seterusnya. Apa yang dilakukan tim Kemenag ini sangat luar biasa, jujur kami pun belum sanggup lakukan seperti ini, masjid serta pekarangan nya mengkilat bersih semuanya, tutur Syamsuir.

Salah seorang tokoh masyarakat Kasik Lolo yang juga seorang ulama yang akrab dipanggil Pakih begitu terharu atas kunjungan Kemenag ke Masjid Almuhsinin Kasik Lolo ini. Apa yang sudah dilakukan oleh Kemenag beserta jajaranya dibalas oleh Allah SWT, ini merupakan kegiatan yang sangat luar biasa. Dalam menyambut bulan puasa digerakkan thaharah ke Masjid. Mudah-mudahan dengan kebersihan ini semua hati kita juga dibersihkan oleh Allah SWT, amiin ya rabbal `alamin, pungkasnya. (09)  


Posting Komentar

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget