Almudassir Media Centre

Upacara Hari Kesadaran Nasional di Kankemenag Kota Padang


Padang, AMC.co - Kantor Kementerian Agama Kota Padang menggelar Apel Kesadaran di Halaman Kantor yang dipimpin oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang Drs, H. Marjanis, M.Pd. Apel Kesadaran yang dihadiri oleh Kasubbag TU, Kasi, Kepala KUA, Kepala Madrasah, Pokjawas, Pokjahulu, Penyuluh Agama, dan ASN kemenag. Upacara dilaksanakan dihalaman Kantor Kemenag, Kamis (18/04-19).

Kakankemenag selaku pembina upacara berpesan kepada seluruh peserta upacara untuk mensosialisasikan 3 Mantra Menteri Agama. Ia menjelaskan bahwa 3 Matra Meteri Agama yakni; Moderasi beragama adalah sesuai esensi dari agama itu sendiri, yakni moderat. Melalui moderasi beragama, umat tidak tergelincir terhadap pemahaman keagamaan yang ekstrem kiri atau ekstrem kanan. Ia mengatakan, mantra kedua yakni pentingnya kebersamaan. Kebersamaan dewasa ini semakin diperlukan karena terdapat perbedaan yang sudah semakin muncul ke permukaan. Terakhir, integrasi data menjadi sesuatu hal yang mutlak dan sangat penting. Tinggal bagaimana cara untuk mengintegrasikan, sehingga pendayagunaan dari data-data yang besar dan banyak itu bisa lebih maksimal dan optimal.


Lebih lanjut H. Marjanis menegaskan kita harus memperhatikan kontek beragama, kita harus kontektual, dan memakai akal sehat. Memakai dalil akli, dan dalil naqli. Kita harus seimbangkan ektrim kanan dan ektrim kiri. Perlu ciptakan kesadaran nasional. Jangan kedepankan ego sektoral, kita tidak bisa menjahit baju sendiri, perlu orang lain. Maka jagalah kebersamaan itu. Jangan saling mencari kesalahn orang lain, dan membenarkan diri sendiri, karena ini merupakan suatu penyakit yang harus dibuang, tegas H. Marjanis.

Cara menjaga kebersamaan itu sudah dijelaskan dalam alquran, tinggal kita merenungi dan menerapkannya. Baca dan pahami apa yang terkandung dalam alqur`an, agar hati dan pikiran kita bisa bersih dari pikiran pikiran yang dapat merusak akal sehat kita, pungkasnya menjelaskan. (09)


Posting Komentar

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget