Almudassir Media Centre

Dr. H. Yasril, MA "Pelaksanaan Arbain dan Ziarah"

Padang, AMC.co - Dr. H Yasril sampaikan materi manasik haji tingkat kecamatan Nanggalo tahun 2019. Adapun materi yang beliau sampaikan yaitu Pelaksanaan Arbain dan Ziarah. Di Masjid Al-Munawwarah Siteba, Selasa (25/06).

Selain melaksanakan ibadah haji di kota suci Mekah, para jamaah haji yang telah berada di kota Madinah nanti akan diberi kesempatan berziarah di tempat-tempat bersejarah yang berada di kota Madinah. "Para calon jamaah haji yang telah tiba di Madinah melaksanakan shalat 40 waktu (Arbain) di masjid Nabawi dan ziarah," ujar H. Yasril.

Pelaksanaan ziarah nanti akan disetujui oleh ketua kloter untuk melihat sendiri tempat-tempat bersejarah di Kota Madinah yang memiliki masa lalu yang lebih panjang dari masa perkembangan awal agama Islam pada masa Nabi. Yaitu: 

Masjid Nabawi
Masjid Nabawi dibangun pada tahun 1 Hijriyah di tanah wakaf milik As'ad Bin Zurrah dan sebagian lagi tanah yang dibeli dari milik Sahal dan Suhailanak Amir Bin Amarah. Masjid Panjang Hanya 70 Hasta dan Lebar 60 Hasta Tanpa Hiasan Apapun.Masjid saat ini seluas 165.000 meter persegi. Dalam suatu hadits, dinyatakan sholat di masjid Nabawi memiliki keutamaan seribu kali dibandingkan sholat di masjid lainnya selain di Masjidil Haram. 

Makam Rasulullah SAW
Makam Nabi Muhammad saw. Dahulu dinamakan Maqsurah. Lebih dulu masjid ini berada di samping masjid Nabawi, tetapi setelah masjid diperbesar, makam ini termasuk di dalam bangunan masjid. Selain Rasulullah melihat, makam Abu Bakar dan Umar Bin Khatab pun berada di sini. 

Raudhah
Raudhoh yang berarti 'taman' ini terletak di dalam Masjid Nabawi yang berada di antara makam Rasulullah SAW (dulu rumah Aisyah RA) sampai mimbar. Luas Raudhah dari arah timur ke barat sepanjang 22 meter dan dari utara ke selatan 15 meter, jelas H. Yasril. (Rapi/09)

Posting Komentar

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget