Almudassir Media Centre

H. Syafrijal "Akhlak Jamaah Haji dan Budaya Arab Saudi"

Padang, AMC.co - Mantan Ka. KUA Kecamatan Nanggalo H. Syafrijal, MA, sampaikan materi Akhlak Jemaah Haji dan Budaya Arab Saudi pada manasik haji dihari kedua di masjid Al-Munawwarah Surau Gadang. Selasa, (25/06)

H. Syafrijal, MA dalam pemaparannya mengatakan, setiap Jemaah Haji haruslah mampu menjaga akhlakul karimah. Akhlak mulia adalah Menghilangkan semua adat kebiasaan yang tercela yang sudah digariskan dalam agama Islam serta menjauhkan diri dari perbuatan tercela.

Ketika menunaikan Ibadah Haji atau Umroh, tentunya kita akan dihadapakan pada kondisi geografis, lingkungan, sosial, dan budaya yang berbeda dari lingkungan di negara kita Indonesia. Kita harus mengerti dan segera mungkin untuk beradaptasi dengan lingkungan baru.

Dari segi bahasa yang mana secara umum bahasa Bangsa Arab memiliki dua varietas, pertama bahasa Arab Fusha (bahasa Arab standar/baku) dan kedua bahasa Arab `Amiyyah (bahasa Arab pasaran),” paparnya.

Ditambahkan Syafrijal, busana orang Saudi hampir semua sama. Mereka semua memakai pakaian putih yang biasa disebut `tsaub` dengan sorban motif kotak-kotak kecil berwarna putih-merah plus diikat di kepala. Adapun Wanita–wanita Arab memakai pakaian tertutup dan memakai cadar dikarenakan memang itu ketentuannya dalam Islam menurut mereka.

Menjaga Etika dan Akhlak selama melaksanakan Ibadah Haji di Tanah Suci merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui oleh jamaah. (Rapi/09)

Posting Komentar

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget