Almudassir Media Centre

Drs, H. Marjanis, M.Pd "Akhlak Jamaah Haji"

Padang, AMC.co - Kakankemenag Kota Padang Drs, H. Marjanis, M.Pd beri arahan serta wejangan dalam menyampaikan materi pada manasik haji kec. Koto Tangah di Masjid Almuhajirin Pasir Putih, Senin (1/7-19)

Lebih lanjut H. Marjanis memaparkan tentang taqarrub kepada Allah, Tadabbur, mengambil pelajaran dari peristiwa yang dialami untuk menambah keimanan dan kearifan kepada Allah, Tafakkur, banyak memikirkan ihwal diri, agama dan kehidupannya demi mencapai kemaslahatan dunia dan akhirat.

Tasamuh, toleransi dengan sesama atas keragaman kepntingan dan kebutuhan sesama yang satu sama lainnya memerlukan pengertian untuk mengalah dan mendukung terlaksananya kemaslahatan bersama, jelas H. Marjanis.


Ta’awun, saling tolong-menolong dalam kebajikan dan tidak sebaliknya. Tahlikul wajhi, wajah yang cerah ceria perdamaian dan tidak meninggalkan kesan genit dan seloroh yang kurang baik. Tawashawbil Haq Tawashawbi al shabri, saling mengingatkan dan nasihat terhadap sesama tentang kebenaran dan kesabaran. Qanaah, bersifat lapang dada, menerima apa yang diridhai Allah, baik itu sesuai sesuai dengan keinginannya atau tidak. Jangan Rafats, mengeluarkan kata yang tidak senonoh, menimbulkan syahwat,  fusuq, perbuatan maksiat dan jidal, skap dan perbuatan yang mengarah pada perdebatan yang dipicu nafsu amarah walau mempertahankan kebenaran.


Namun ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh jamaah haji terkait beda budaya Arab dan Indonesia, terutama bagi mereka yang akan berinteraksi dengan masyarakat di Saudi, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, karena budaya Arab sangat berbeda dengan budaya Indonesia. Jelas H. Marjanis. (09)

Posting Komentar

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget